Sunday

Kitab Iman

Kitab Iman satu
Segala puji bagi Allah, kami mohon pertolongan dan ampunan kepadanya, Siapa saja yang di beri petunjuk oleh allah tiada seorangpun yang dapat menyesatkan dirinya, dan siapa yang disesatkan oleh Allah tidak ada seorangpun yang dapat memberikan petunjuknya. kami bersaksi tiada illah selain allah semesta, yang tiada sekutu baginya, dan kami bersaksi bahwa muhammad adalah hamba dan rasulnya.

ketahuilah bahwa iman dan islam menjadi semua himpunan agama. Cukup banyak pendapat manusia tentang hakekat iman dan islam, perbedaan pendapat dan juga kerancuan diantara mereka. untuk itu, sudah beberapa buku sudah di karang, dan pendpat tentang masalah itu terus bermunculan semenjak golongan Khawarijj keluar dari berbagai golongan secara umum.

Perbedaan antara Iman dan islam
bahwa nabi muhammad Sallallahu Alaihi wasallam, telah membagi pengertia islam, iman, dan ihsan, dalam hadits Jibril. beliu bersabda

artinya" Islam ialah jika engkau bersaksi bahwa tidak ada Illah selain Allah dan bahwa muhammad adalah Rosul nAllah, engaku mendirikan Shola, mengeluarkan Zakat, Puasa Ramadhan, menunaikan Haji, di baitul haram, jika engakau sanggup mengadaka nperjalanan kesana."

belia juga bersabda "

Iman ialah JIka engakau beriman kepada Allah, para malaikatnya, Kitab-kitabnya, para rosulnya, hari akhirat, beriman kepada qadar yang baik dan yang buruk,"

Hadist Jibril ini menjelaskan bahwa islam didirikan atas lima perkara, apa yang dibangun bukan sesuatu yang di bangun di atasnya,Tapi namu muhammad SAW, menjadikan agama menjadi tiga tingkatan, yang paling tinggi adalah ikhsan, pertengahan adalah iman, dan yang paling bawah adalah islam. setiap muhsin adalah mukmin, setiap mukmin adalah muslim,
seperti hadist yang diriwayatkan Hammad bin Zaid, dari ayyub, dari abu Qilabah, seorang penduduk syam, dari ayahnya, dari nabi Sallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda kepada orang itu, " Masuklah Islam, niscaya engkau akan selamat.

Orang itu bertanya ," Apa itu islam?"
Beliau menjawab," Hendaklah engkau memasrahkan hatimu kepada allah dan jika orang-orang muslim selamat dari gangguan lisan dan tangan mu."
Orang itu bertanya," Apa islam yang paling utama?"
Beliau menjawab," Iman'" Apa iman itu?" tanya orang tersebut.

beliau menjawab."jika engkau beriman kepada allah, para malaikat, kitab-kitab, para rasul-Nya, serta kepada kebangkitan sesudah kematian,

bersambung .....

No comments: